Langkah Pasti Maju Bersama Memberikan yang Terbaik Melalui Kerja Keras, Kerja Cerdas dan Kerja Iklas

Bersama APWI kita Bangun Generasi Muda yang Kreatif, Inovatif, Produktif dan Mandiri

APWI Memberikan Kesempatan Kepada Masyarakat Untuk Tumbuh dan Berkembang Sebagai Wirausaha Ditingkat Lokal yang Berorientasi Global

Menggunakan Produk Hasil Karya Bangsa Sendiri berarti membantu menumbuhkan dan memperkuat Wirausaha Indonesia

Daripada aku wari wiri cari kerja lebih baik Wirausaha

PERAN

PERAN PEMANDU WIRAUSAHA DALAM MEMBANTU UMK MASA DAN PASCA PANDEMI COVID-19

Pemandu wirausaha berangkat dan muncul dari rasa kepedulian dan rasa keterpanggilan hati untuk membantu masyarakat termasuk usaha mikro dan kecil yang memiliki berbagai keterbatasan. Di sisi lain para pemandu wirausaha memiliki kelebihan dalam hal akses terhadap berbagai sumber, pengetahuan, keterampilan, jaringan, komunikasi dan kelebihan lainnya. Para pemandu wirausaha dilihat dari latar belakang profesi ada yang berasal dari pemerintah (birokrat), pelaku usaha, BUMN, perguruan tinggi dan dari dari Lembaga pemberdyaan masyarakat (komunitas), hal ini merupakan suatu potensi besar yang bisa bergerak sesuai dengan kemampuan dan profesi masing-masing dan dapat disinergikan menjadi suatu kekuatan untuk bisa membantu usaha mikro dan kecil di masa dan pasca pandemi Covid-19</span>

PENGURUS APWI HARUS KOMITMEN, KERJA KERAS DAN PROFESIONAL

Para pengurus APWI baik pusat maupun di daerah  perlu memiliki komitmen yang tinggi, kerja keras  dan profesional. Perlu di pahami APWI merupakan wadah /kumpulan orang-orang (pemandu wirausaha) yang mempunyai kepedulian terhadap masyarakakat untuk membantu menumbuhkembangkan wirausaha. Peran APWI, bagaimana mengkoordinasikan dan memperkuat para pemandu wirausaha untuk bekerja secara optimal. Demikian di katakan Wakil Ketua Dewan Penasehat APWI Drs. Rudiwan,SH.,MBA pada acara Rapat Kerja APWI Tahun 2019 yang dilaksanakan pada tanggal 01 – 02 Maret 2019 bertempat di  Bale Wirausaha Rancage Cipari Desa Sarimekar Kecamatan Jatinunggal Kabupaten Sumedang, yang dikuti Dewan Penasehat, Dewan Pengurus Pusat  dan tamu undangan lainnya.

PEMBANGUNAN GALLLERY DAN RESTO KONTAINER PRODUK OLAHAN IKAN LAUT

Palabuhanratu merupakan tempat wisata di pesisir Samudra Hindia di selatan Jawa Barat. Lokasinya terletak sekitar 60 km ke arah selatan dari Kota Sukabumi. Wisatawan yang berkunjung ke Pantai Palabuhanratu baik dari dalam Negeri maupun Wisatawan Mancanegara semakin meningkat. Berdasarkan potensi dan pengunjung Wisata tersebut

PEREMPUAN NELAYAN PERLU DIBERDAYAKAN

Penghidupan sebagai nelayan yang fluktuatif semakin tak pasti seiring dengan musim tangkapan hasil laut yang sulit di tebak. Keluarga nelayan yang sepenuhnya bergantung terhadap laut pasti sangat merasakan dampak dari masalah di atas. Musim paceklik membuat perekonomian menurun dan terpaksa harus berutang untuk memenuhi kebutuhan.  

SINERGI PROGRAM PEMBERDAYAAN PURNA TKI

Sempitnya lapangan pekerjaan dan bertambahnya pencari kerja (penganggur) di dalam negeri mengakibatkan banyak orang berbondong-bondong mencari pekerjaan keluar negeri sebagai TKI dengan berbekal pengetahuan dan keterampilan yang relatif rendah. Mereka tidak jera dengan beberapa kasus yang melimpa Tenaga kerja asal Indonesia di luar negeri. Memang Pengiriman Tenaga kerja Indonesia keluar negeri merupakan sumber devisi bagi negara, disamping itu sebagai alternatif pengurangan angka pengangguran di dalam negeri.

MOU PENUMBUHAN DAN PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN

Asosiasi pemandu Wirausaha Idonesia (APWI) merupakan suatu lembaga yang beranggotakan para pemandu dari perbagai profesi baik dari berokrat, para pengsusaha, maupun dari perguruan tingi dengan berbagai keahlian   berkonsentrasi untuk memberdayakan UKMK meliputi pengembangan UMKM, inovasi, kewirausahaan, dan kepemimpinan, terus berusaha untuk mengembangkan semangat kewirausahaan dalam masyarakat. Dari segi sumber daya, APWI, memiliki sumber daya potensial tinggi dimulai dari  dosen dari Perguruan Tinggi, praktisi, institusi hingga network (jaringan) yang dimiliki. 
PEMBERDAYAAN

PEMBERDAYAAN MUSLIMAHPRENEUR DI ERA DIGITAL BISNIS

Perubahan dunia fashion (fesyen) saat ini sangat cepat, tak terkecuali busana muslim, khususnya muslimah. Dahulu jika kita perhatikan model dari busana muslim tak banyak pilihan namun saat ini busana muslim terutama muslimah semakin berkembang dan bahkan menjadi tren. Jika dilihat saat ini perkembangan dunia fesyen mengalami peningkatan yang signifikan di beberapa dekade terakhir. Bahkan Indonesia dicanangkan menjadi kiblat fesyen muslim dunia di tahun 2020. Hal ini diwacanakan oleh Indonesia Islamic Fashion Consortium (IIFC). Ini sangat dimungkinkan mengingat industri busana muslim di Indonesia telah mengalami pertumbuhan sejak 1990-an.

PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT DESA

Menurut kaidah ekonomi, pemberdayaan masyarakat (Community Development) adalah proses perolehan pelaku ekonomi untuk mendapatkan surplus valuesebagai hak manusia yang terlibat dalam kegiatan produksi. Upaya ini dilakukan melalui distribusi penguasaan faktor-faktor produksi atau melalui kebijakan politik ekonomi yang tepat dengan kondisi dan tingkatan sosial budaya.

KIAT SUKSES BERWIRAUSAHA

Untuk mencapai keberhasilan diperlukan kemampuan dan keberanian untuk mengimlementasikan gagasan atau ide yang ada pada diri kita masing-masing dengan memperhatikan manfaat, risiko dan dampaknya terhadap lingkungan. Namun faktor utama yang perlu ditanamkan kepada para pengusaha secara individu maupun berkelompok, tentang proses berfikirnya, yaitu: “ <strong><em>Berfikirlah untuk menyenangkan dan membahagiakan orang lain sebelum kita senang niscaya akan muncul kreatifitas dan berbagai peluang usaha sebagai langkah dalam menggapai kesuksesan”</em>.  </strong>

DIGITALISASI USAHA MIKRO DAN KECIL YANG TERKENA DAMPAK COVID-19 BERBASIS DI DESA/KELURAHAN

Wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) makin terasa dalam perekonomian dalam negeri, terutama dari sisi konsumsi, korporasi, sektor keuangan, dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) justru menjadi sektor paling rentan terkena hantaman pandemi virus corona. Sektor ini tak bisa lagi menjadi penyangga perekonomian seperti saat krisis ekonomi dan keuangan Tahun 1998 dan 2008. 

PERENCANAAN DAN PENGEMBANGAN BISNIS

Perencanaan merupakan suatu proses mempersiapkan secara sistematis kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan untuk mencapai suatu tujuan tertentu

STUDI LITERATUR PENERAPAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DALAM KAITANNYA DENGAN INOVASI DI USAHA KECIL

Pemerintah Indonesia melalui berbagai kebijakan ekonomi telah berusaha mengembangkan dan memberdayakan usaha kecil dan menengah sebagai penopang bagi perekonomian nasional, baik sebagai penyedia lapangan kerja, lapangan usaha maupun penghasil devisa negara. 
KONDISI

KONDISI NEW NORMAL PASCA PANDEMI COVID-19

Pemerintah Indonesia bahkan dunia, hingga saat ini belum dapat menjawab mengenai pertanyaan kapan pandemi COVID-19 akan berakhir. “Seluruh dunia juga tidak tahu, karena virus ini, untuk vaksinnya belum ditemukan. Maka dari itu, sampai dengan vaksin belum ditemukan, kita harus bisa selalu berhadapan dengan virus ini,” ungkap Wiku dalam dialog di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta (12/5).

COOKING CLASS WIRAUSAHA BARU

Situasi ketenagakerjaan di Indonesia masih ditandai dengan tingginya tingkat pengangguran terbuka, kemiskinan dan masih lambatnya daya serap tenaga kerja di lapangan kerja formal. Lapangan kerja yang cukup tersedia dan terbuka adalah di sektor informal. Salah satu alternatif penyediaan lapangan pekerjaan sector informal   adalah dengan membuka lapangan usaha secara mandiri (Wirausaha).

SLAMET WURYADI, PENGGERAK PETANI MILENIAL MELALUI PUSAT PELATIHAN PETANI

LEAD.co.id | Slamet Wuryadi, Ketua Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) Cilangkap Sub 1 Cikembar Sukabumi berhasil melakukan pembinaan petani dan santri milenial. Sejauh ini jumlah petani yang magang dan berlatih di P4S mencapai ribuan orang, dengan konsep bina ruhiyah dan bina rupiah petani milenial.

TINGKATKAN KAPASITAS BISNIS UMKM WANITA DI BIDANG FASHION MUSLIM

Bandung, Beritainspiratif.com – Dewan Pimpinan Wilayah Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia (DPW IAEI) Prov. Jawa Barat, mengadakan Focus Group Discussion (FGD) dengan Tema: “Pemberdayaan Wanita Pengusaha Fashion Muslim Skala Usaha Kecil Di Jawa Barat Dalam Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Alat Promosi” yang bertempat di Hotel Anggrek Kota Bandung, Rabu, (23/1/2019).

DPRD JABAR SAHKAN PERDA KEWIRAUSAHAAN DAERAH

Perda Kewirausahaan bertujuan untuk menciptakan sebuah ekosistem kewirausahaan yang efisien sehingga mendorong daya saing produk daerah dan provinsi.

PERAN TKS PERLU DI OPTIMALKAN

Pendayagunaan TKS sebagai pendamping Perluasan Kesempatan Kerja  berperan sebagai fasilitator, motivator, mediator, dan inovator.  Pendayagunaan TKS merupakan upaya untuk menyertakan masyarakat dalam mengembangkan berbagai potensi, sehingga mampu mencapai kualitas kehidupan yang lebih baik.
DIGITALISASI

DIGITALISASI BISA BAWA DESA LEBIH MAJU

New Normal tengah menjadi kajian yang hangat saat ini. Banyak pihak yang ingin segera kembali beraktifitas seperti biasa dan kembali memulihkan diri dari imbas pandemi covid-19, termasuk bagi pelaku usaha.

PERUBAHAN PARADIGMA BISNIS UMK DAN PERILAKU KONSUMEN PADA ERA NEW NORMAL

Situasi saat ini di mana wabah pandemi Covid-19  yang merebak di Indonesia semenjak awal bulan Maret 2020 belum bisa ditentukan kapan berakhirnya. Keadaan seperti itu pada akhirnya masyarakat Indonesia harus bisa berdaptasi dengan keadaan yang baru. Di mana ada beberapa hal baru yang harus ditegakkan di tengah rutinitas yang selama ini dikerjakan. Beberapa bentuk perubahan atau transformasi baru inilah yang kemudian melahirkan istilah “New Normal”, yakni perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal namun dengan ditambah menerapkan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penularan virus corona jenis baru, penyebab COVID-19. Kondisi tersebut  secara mendalam akan membentuk stay @ home lifestyle yang bakal menjadi kenormalan baru atau new normal pada konsumen setelah krisis berlalu. Artinya, gaya hidup baru inilah yang akan menjadi landasan terbentuknya stay @ home economy. Hal inilah yang mendasari para pelaku usaha harus melakukan perubahan pola dan oriemtasi usaha dengan menyesuaikan dengan pola perilaku konsumen yang berubah pada new normal.

KOPWAN ALHIDAYAH AKAN KEMBANGKAN USAHA PENGOLAHAN JAMUR

Usaha pengolahan jamur tiram memiliki prospek dan peluang usaha yang cukup terbuka khusunya bagi ibu-ibu rumah tangga dalam upaya membantu meningkatkan nilai tambah dan pendapatan keluarga.

PERENCANAAN BISNIS, SATU LANGKAH MENUJU SUKSES

Tahun-tahun pertama adalah masa tersulit dalam menapaki dunia usaha. Bukan Hanya kesulitan menembus pasar, pelaku usaha juga akan dihadapkan pada ketatnya persaingan yang dipastikan tidak akan mudah

KEBERHASILAN USAHA BUTUH PROSES

Untuk berhasil dalam usaha membutuhkan waktu dan proses, tidak seperti membalikan telapak tangan, diperlukan waktu dan kerja keras serta kesabaran, demikian dikatakan Komar pengusaha manisan buah-buahan sekaligus Ketua Asosiasi Pengolahan Hasil pertanian Kabupaten Cianjur dihadapan 10 orang pelaku usaha dan 6 orang Pemandu Wirausaha Kabupaten Tanah Laut Provinsi Kalimantan Selatan yang melakukan Kunjungan dan Pelatihan Kilat di Provinsi Jawa Barat pada hari Rabu, tanggal 11 Maret 2015

BIRO PERJALANAN ONLINE SEMAKIN DIMINATI

Berlibur atau melakukan perjalanan dinas kini bukan lagi perkara sulit atau merepotkan. Cukup dengan menggunakan ujung jari, beragam kebutuhan transportasi dan hotel bisa diselesaikan dalam waktu singkat. Biaya yang harus dikeluarkan pun jatuhnya lebih efisien
KISAH

KISAH PERJUANGAN: AWAL BUKALAPAK

Sukses yang diraih pendiri sekaligus ceo bukalapak, achmad zaky, tidak datang serta-merta. Setidaknya ada tiga hal yang telah mengubah hidupnya. Semua itu dipaparkan zaky dalam kuliah umum di hadapan ribuan mahasiswa dari Institut Teknologi Bandung (ITB) beberapa waktu lalu.

PROFIL TENAGA KERJA SUKARELA (TKS)

Profil TKS 

SARJANA INFORMATIKA USAHA JAMUR

Untuk sukses berwirausaha itu membutuhkan proses dan waktu, tidak semudah membalikan telapak tangan, perlu perjuangan yang gigih, ulet dan sabar.  Modalnya bukan semata-mata uang, namun yang tepenting adalah membangun dan mempertahankan kepercayaan, baik kepercayaan dari mitra kerja, konsumen, maupun kepercayaan dari orang yang punya modal, kuncinya adalah kreativitas.

JADIKAN HALAMAN RUMAH SEBAGAI DAPUR HIDUP DAN TEMPAT BISNIS

Awalnya Kang nanang mencoba menanam tanaman sayuran seperti cabe, bawang daun, tomat, saledri dan tanaman sayuran lainnya di dalam POT, setelah tumbuh dengan baik dan berbuah mencoba untuk dipasarkan, ternyata respon pasar cukup baik dan permintaan cukup banyak, karena konsumen membeli tidak hanya membeli  buahnya atau daunnya, tetapi sekaligus membeli dengan tanamannya di dalam pot, sehingga produk yang di beli dalam keadaan segar, dan terus dapat dipelihara di halaman rumah dan bisa di petik kapan saja diperlukan. “ Jadi konsumen beli satu kali tapi bisa panen (memetik) beberapa kali” Tutur Kang Nanang.

WUB BINAAN APWI MERAIH PERWIRA AWARD 2016

Nanang Saepulloh dari Kabupaten Cianjur dan dendi Nurdian dari Kabupaten Majalengka memperoleh penghargaan Perwira Award dari GubernurJawa Barat

SLAMET WURYADI: PERAIH ANUGERAH INOVASI DAN PRAKARSA UNTUK PEMBERDAYAAN JAWA BARAT TH. 2015

Slamet Wuryadi mendapatkan penghargaan inovasi dan prakarsa masyarakat jawa barat bidang pangan
TRANSFORMASI

TRANSFORMASI BISNIS UMK DARI KONVENSIONAL KE DIGITAL PASCA PANDEMI COVID-19 DAN ERA INDUSTRI 4.0

Keberadaan usaha mikro kecil mempunyai kontribusi terbesar dalam perekonomian nasional, karena partisipasi masyarakat dalam berbagai sektor kegiatan ekonomi.  Usaha Mikro kecil selama ini terbukti dapat diandalkan sebagai katup pengaman di masa krisis. Melalui mekanisme penciptaan kesempatan kerja, kontribusi pendapatan, menyerap tenaga kerja/pengangguran sehingga menjadikan nilai tambah.  Keberhasilan dalam meningkatkan kemampuan usaha mikro kecil berarti memperkokoh basis perekonomian masyarakat.  Hal ini akan membantu mempercepat proses pemulihan ekonomi nasional, dan sekaligus memberi dukungan nyata kepada pemerintah dalam melaksanakan pembangunan ekonomi. Hal tersebut menjadikan pemberdayaan usaha kecil menempati posisi yang vital dan strategis.

TEKNOLOGI PENGOLAHAN IKAN LAUT

Ikan yang melimpah ini akan cepat mengalami pembusukan ketika sudah di angkat ke daratan, sehingga butuh alternative lain agar ikan bisa bertahan lama dan dilakukan proses pengawetan. Tanpa adanya usaha pengawetan tentu peningkatan produksi perikanan akan sia-sia.

MENGENAL DOMBA DAN TEKNIK PENGEMBANGBIAKANNYA

Jenis-jenis Domba dan Pengembangbiakannya

DESAIN PEMBENTUKAN DAN PENGIKATAN BATU MULIA

Batu mulia merupakan pengertian umum yang mencakup batuan ataupun mineral yang jika telah mengalami pengolahan akan menampakan keindahan  sehingga mempunyai harga jual tinggi

TEKNOLOGI PENGOLAHAN PUYUH

Bagian terbesar dari hasil puyuh yang dikonsumsi orang adalah telurnya. Telur puyuh mempunyai bobot 8,25 – 10,1 gram, warnanya bisa coklat tua, biru, putih dan kuning, bercak coklat, hitam dan biru. Dengan dicampur madu dan merica, telur burung dapat menambah vitalitas kaum pria

TEKNOLOGI PENGOLAHAN IKAN LELE

Lele yang selama ini dikenal sebagai ikan budidaya ternyata dapat dikembangkan menjadi produk olahan seperti Lele Asap, Nugget Lele, Kerupuk Lele, Bakso Ikan Lele, kaki Naga Ikan Lele, Abon Lele, Kue Semprong, Biskuit Lele dan masih banyak lagi produk yang lain. Pengolahan ikan lele menjadi produk lain bertujuan untuk meningkatkan minat masyarakat terhadap ikan lele tersebut karena tidak semua lapisan masyarakat ingin mengkonsumsi ikan lele dalam keadaan utuh (misalnya pecel lele atau lele goreng). Dengan pertimbangan tersebut di atas dan melihat karakteristik ikan lele maka sangat besar peluang untuk mengembangkan ikan lele menjadi berbagai produk olahan