whatsapp-image-2020-08-29-at-09.14_.22_.jpeg

PANDEMI COVID-19 HARUS DIPANDANG SEBAGAI PELUANG USAHA BUKAN MUSIBAH

TANJUNGSARI – Upaya mencari solusi terhadap tuntutan pada Era New Normal pasca Pandemi Covid-19 serta era industri 4.0. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pembangunan Pertanian Negeri (PPN) Tanjungsari menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Guru-Guru Produktif pada tanggal 25 Agustus 2020 lalu, di Aula Suriatmadja SMK PPN Tanjungsari.
12.jpg

MODEL BISNIS DI ERA NEW NORMAL MELALUI DIGITALISASI USAHA MIKRO DAN KECIL BERBASIS KOMUNITAS

Webinar ini menghadirkan empat pembicara yang memiliki latar belakang berbeda, yaitu Dr. Ir. Kartib Bayu, M.Si., Bambang Elfianto sebagai Staf Khusus Menteri Ketenagakerjaan RI, Gandung Pratidhina S.E., M.M., sebagai Manajer Perencanaan dan Pengembangan CDC Telkom Indonesia, dan Darwinah, S. PdI., dan Prof. Dr. Eng. Pradono, S.E., M.Ec.Dev., sebagai moderator.
11.jpg

TIGA DESA DI SUMEDANG, JADI PILOT PROJECT MODEL USAHA BERBASIS DIGITAL DI ERA NEW NORMAL

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumedang melalui Kepala Seksi Usaha Ekonomi Masyarakat pada Bidang Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat, Nurhayat mengatakan, model keberlanjutan usaha pada era new normal melalui digitalisasi usaha mikro dan kecil berbasis di pedesaan ini, bertujuan agar desa memperoleh model pencegahan dan penularan Covid-19 di era new normal dengan pendekatan model berkelanjutan usaha dengan beradaptasi pada pola dan prilaku konsumen di era new normal dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan.
dr-plan-768x514-1.jpg

RECOVERY BISNIS MODEL CANVAS UNTUK UMKM PADA SAAT PANDEMI COVID-19

Dalam Outlook Ekonomi OECD terakhir (OECD, 2020), pertumbuhan PDB global tahunan diproyeksikan turun menjadi 2,4% pada 2020, dari yang sudah lemah 2,9% pada 2019, dengan kemungkinan kontraksi PDB pada kuartal pertama 2020 (Matteo Lucchese,2020).Lebih lanjut diperkirakan bahwa ini akan sama dengan penurunan pertumbuhan PDB tahunan hingga 2 poin persentase untuk setiap bulan bahwa langkah-langkah itu ada jika tidak ada langkah-langkah dukungan kebijakan. (Heli Simola,2020).Penurunan pertumbuhan PDB tersebut salah satu akibat menurunnya kinerja usaha UMKM karena munculnya pandemi COVID-19.
14802-transformasi-digital.jpg

TRANSFORMASI BISNIS UMK DARI KONVENSIONAL KE DIGITAL PASCA PANDEMI COVID-19 DAN ERA INDUSTRI 4.0

Keberadaan usaha mikro kecil mempunyai kontribusi terbesar dalam perekonomian nasional, karena partisipasi masyarakat dalam berbagai sektor kegiatan ekonomi.  Usaha Mikro kecil selama ini terbukti dapat diandalkan sebagai katup pengaman di masa krisis. Melalui mekanisme penciptaan kesempatan kerja, kontribusi pendapatan, menyerap tenaga kerja/pengangguran sehingga menjadikan nilai tambah.  Keberhasilan dalam meningkatkan kemampuan usaha mikro kecil berarti memperkokoh basis perekonomian masyarakat.  Hal ini akan membantu mempercepat proses pemulihan ekonomi nasional, dan sekaligus memberi dukungan nyata kepada pemerintah dalam melaksanakan pembangunan ekonomi. Hal tersebut menjadikan pemberdayaan usaha kecil menempati posisi yang vital dan strategis.
word-cloud-trustworthy-dalam-bisnis-330x251.jpg

PEMBERDAYAAN MUSLIMAHPRENEUR DI ERA DIGITAL BISNIS

Perubahan dunia fashion (fesyen) saat ini sangat cepat, tak terkecuali busana muslim, khususnya muslimah. Dahulu jika kita perhatikan model dari busana muslim tak banyak pilihan namun saat ini busana muslim terutama muslimah semakin berkembang dan bahkan menjadi tren. Jika dilihat saat ini perkembangan dunia fesyen mengalami peningkatan yang signifikan di beberapa dekade terakhir. Bahkan Indonesia dicanangkan menjadi kiblat fesyen muslim dunia di tahun 2020. Hal ini diwacanakan oleh Indonesia Islamic Fashion Consortium (IIFC). Ini sangat dimungkinkan mengingat industri busana muslim di Indonesia telah mengalami pertumbuhan sejak 1990-an.
kembangkan-ekonomi-masyarakat-pedesaan.png

PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT DESA

Menurut kaidah ekonomi, pemberdayaan masyarakat (Community Development) adalah proses perolehan pelaku ekonomi untuk mendapatkan surplus valuesebagai hak manusia yang terlibat dalam kegiatan produksi. Upaya ini dilakukan melalui distribusi penguasaan faktor-faktor produksi atau melalui kebijakan politik ekonomi yang tepat dengan kondisi dan tingkatan sosial budaya.
it-perusahaan-lenovo-enterprise.jpg

DIGITALISASI BISA BAWA DESA LEBIH MAJU

New Normal tengah menjadi kajian yang hangat saat ini. Banyak pihak yang ingin segera kembali beraktifitas seperti biasa dan kembali memulihkan diri dari imbas pandemi covid-19, termasuk bagi pelaku usaha.
paradigma-bisnis.png

PERUBAHAN PARADIGMA BISNIS UMK DAN PERILAKU KONSUMEN PADA ERA NEW NORMAL

Situasi saat ini di mana wabah pandemi Covid-19  yang merebak di Indonesia semenjak awal bulan Maret 2020 belum bisa ditentukan kapan berakhirnya. Keadaan seperti itu pada akhirnya masyarakat Indonesia harus bisa berdaptasi dengan keadaan yang baru. Di mana ada beberapa hal baru yang harus ditegakkan di tengah rutinitas yang selama ini dikerjakan. Beberapa bentuk perubahan atau transformasi baru inilah yang kemudian melahirkan istilah “New Normal”, yakni perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal namun dengan ditambah menerapkan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penularan virus corona jenis baru, penyebab COVID-19. Kondisi tersebut  secara mendalam akan membentuk stay @ home lifestyle yang bakal menjadi kenormalan baru atau new normal pada konsumen setelah krisis berlalu. Artinya, gaya hidup baru inilah yang akan menjadi landasan terbentuknya stay @ home economy. Hal inilah yang mendasari para pelaku usaha harus melakukan perubahan pola dan oriemtasi usaha dengan menyesuaikan dengan pola perilaku konsumen yang berubah pada new normal.
new-normal.png

KONDISI NEW NORMAL PASCA PANDEMI COVID-19

Pemerintah Indonesia bahkan dunia, hingga saat ini belum dapat menjawab mengenai pertanyaan kapan pandemi COVID-19 akan berakhir. “Seluruh dunia juga tidak tahu, karena virus ini, untuk vaksinnya belum ditemukan. Maka dari itu, sampai dengan vaksin belum ditemukan, kita harus bisa selalu berhadapan dengan virus ini,” ungkap Wiku dalam dialog di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta (12/5).