dsc_0005.jpg

MERAUP RUPIAH DARI LIMBAH KORAN

Industri kreatif dapat diartikan sebagai kumpulan aktivitas ekonomi yang terkait dengan penciptaan atau penggunaan pengetahuan dan informasi. Industri kreatif juga dikenal dengan nama lain Industri Budaya (terutama di Eropa) atau juga Ekonomi Kreatif. Kementerian Perdagangan Indonesia menyatakan bahwa Industri kreatif adalah industri yang berasal dari pemanfaatan kreativitas, keterampilan serta bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan dengan menghasilkan dan mengeksploitasi daya kreasi dan daya cipta individu tersebut.
 
Menurut Howkins, Ekonomi Kreatif terdiri dari periklanan, arsitektur, seni, kerajinan. desain, fashion, film, musik, seni pertunjukkan, penerbitan, Penelitian dan Pengembangan (R&D), perangkat lunak, mainan dan permainan, Televisi dan Radio, dan Permainan Video.  Industri kreatif dipandang semakin penting dalam mendukung kesejahteraan dalam perekonomian, berbagai pihak berpendapat bahwa "kreativitas manusia adalah sumber daya ekonomi utama"dan bahwa “industri abad kedua puluh satu akan tergantung pada produksi pengetahuan melalui kreativitas dan inovasi.
 
Jika memiliki jiwa yang kreatif, sampah pun ternyata bisa disulap menjadi uang. Banyak wirausaha kecil yang sukses menghasilkan uang puluhan juta rupiah tiap bulannya berkat kreatifitasnya mengolah berbagai sampah dan barang bakas. Jika berusaha berpikir menggali ide dan mampu menggunakan keterampilan tangannya dengan baik, maka setiap barang bekas bisa diolah kembali menjadi sesuatu yang bermanfaat dan bernilai ekonomis. Dari sekian banyak bahan sampah dan barang bekas tersebut, satu diantaranya adalah berkreasi memanfaatkan koran-koran bekas. Dalam industri skala besar, barang-barang bekas yang berbahan kertas biasanya diolah kembali untuk didaur ulang menjadi kertas baru. Sementara untuk home industry, para wirausahawan dan wirausahawati mendaur ulang sampah kertas (khususnya koran bekas) untuk menjadi aneka kerajinan, seperti tas, sandal, pigura foto, hiasan meja, keranjang sampah, dompet, tas laptop, dan sebagainya.
 
Usaha pembuatan barang yang berbahan koran bekas ternyata cukup potensial.  Keunikan bahan yang digunakan menjadi daya tarik tersendiri. Meskipun berasal dari bahan-bahan bekas,  namun ada perasaan bangga yang dirasakan para konsumen saat membeli produk tersebut.Oleh karena itu, omzet penjualan produk-produk kerajinan tersebut cukup menjanjikan.
 
Kerajinan yang berasal dari bahan –bahan bekas termasuk koran bekas merupakan industry  kreatif sehingga sentuhan seninya harus muncul dalam hal ini perlu design yang menarik serta kemasan yang menarik pula. Banyaknya industry kerajinan saat ini mengharuskan para pengrajin untuk terus melakukan inovasi terhadap produknya, agar produk mereka terus diminati konsumen.
 
Anda mau berbisnis produk kerajinan dari limbah Koran atau mengembangkan usaha sendiri.. bisa menhubungi Bpk Tatang Somantri Tlp 085720567123

Komentar

Belum ada komentar

Posting comments after 3 bulan has been disabled.