kang-nanang.jpg

JADIKAN HALAMAN RUMAH SEBAGAI DAPUR HIDUP DAN TEMPAT BISNIS

Sering terjadi harga cabe, harga tomat, harga bawang dan harga kebutuhan sehari-hari lainnya di pasar membumbung tinggi, sehingga banyak dikeluhkan oleh masyarakat terutama kaun ibu-ibu rumah tangga, karena tidak bisa memasak secara optimal. Itulah yang memberikan inpirasi kepada Kang Nanang Saepuloh untuk memulai usahanya dengan menanam tanaman sayuran dan buah-buahan di dalam POT. Awalnya Kang nanang mencoba menanam tanaman sayuran seperti cabe, bawang daun, tomat, saledri dan tanaman sayuran lainnya di dalam POT, setelah tumbuh dengan baik dan berbuah mencoba untuk dipasarkan, ternyata respon pasar cukup baik dan permintaan cukup banyak, karena konsumen membeli tidak hanya membeli  buahnya atau daunnya, tetapi sekaligus membeli dengan tanamannya di dalam pot, sehingga produk yang di beli dalam keadaan segar, dan terus dapat dipelihara di halaman rumah dan bisa di petik kapan saja diperlukan. “ Jadi konsumen beli satu kali tapi bisa panen (memetik) beberapa kali” Tutur Kang Nanang.
 
Nanang Saepuloh, adalah putra Cianjur Jawa Barat yang lahir pada Tanggal 09 Desember 1975.  Setelah  lulus dari Sekolah Pertanian Menengah Atas (SPMA) Negeri Cianjur, beliau bekerja di perusahaan pupuk dan pestisida. Nanang menuturkan “Selama saya bekerja pada perusahaan orang lain, ternyata banyak nggak enaknya, tenaga dan waktu diporsil tapi hasilnya kurang sesuai dengan yang diharapkan, akhirnya saya memutuskan untuk keluar dari pekerjaan dan memulai membuka usaha sendiri”
 
Dengan keuletan, kreativitas, dan kerja keras tanpa mengenal lelah, akhirnya usaha yang digeluti Kang Nanang bisa berkembang dengan pesat. Usaha yang berlokasi Kp. Cibodas Parigi Rt. 02/05 Desa Cibodas Kecamatan Pacet Kabupaten Cianjur dengan luas lahan 0,8 Ha terus berkembang dengan menyerap 25 orang pekerja. Sampai saat ini selain usaha tanaman sayuran dalam pot juga menggeluti  usaha Pembibitan Sayuran, Tanaman Biofarmaka dalam Pot, Media Pembibitan, Penyediaan Sarana Produksi Pertanian, Penyediaan tanaman dekorasi taman (landscape) dan Pemasaran Beras Sehat Pegunungan Cianjur.
 
Untuk mengembangkan usahanya, Kang Nanang membina sebanyak 125 orang, sebagai mitra bisnisnya terutama ibu-ibu rumah Tangga di sekitar tempat usahanya. Sistem bisnis yang dijalankannya dengan moto” Jadikan Halaman Rumah sebagai Tempat Dapur Hidup dan Tempat Bisnis”.  Ibu-Ibu Rumah tangga diajakan untuk membuka usaha tanaman di dalam pot dengan memanfaatkan halaman rumah. Kang Nanang menyediakan media tanam dan bibit sedangkan ibu-ibu rumah tangga menyediakan potnya dan memelihara. Setelah tanaman tumbuh dan berbuah, produknya dibeli oleh kang Nanang, harga yang diterima mitra setelah dipotong dengan harga bibit dan harga media tanam.
 
 
 
Sebagai sarana untuk membina mitra usaha (Ibu-Ibu Rumah Tangga) dan masyarakat umumnya, Kang Nanang  Tahun  2010 mengagas berdirinya  Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) Tani Mandiri. Untuk memperkuat dan mendukung kerja P4S, di lokasi tersebut juga berdiri Klinik Wirausaha APWI. Kedua lembaga tersebut memberikan pelayanan yang saling mendukung dan saling melengkapi. Layanan yang diberikan kepada masyarakat dan mitra binaan berupa pelatihan berbagai keterampilan, bimbingan bagi yang mau berwirausaha, magang, mentor dan melayani Praktek Kerja Lapangan bagi siswa maupun untuk mahasiswa.  Berkat kerja keras, keuletan dan kepedulian untuk memberdayakan masyarakat Pada Tanggal 3 April 2016 Kang Nanang menerima penghargaan   Perwira Award 2016 sebagai wirausaha baru terbaik dari Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan.
 
Selamat dan semoga terus berkarya, berkarya dan berkarya.........................
 

Komentar

Belum ada komentar

Postkan komentar