dd.jpg

KOPWAN ALHIDAYAH AKAN KEMBANGKAN USAHA PENGOLAHAN JAMUR

Usaha pengolahan jamur tiram memiliki prospek dan peluang usaha yang cukup terbuka khusunya bagi ibu-ibu rumah tangga dalam upaya membantu meningkatkan nilai tambah dan pendapatan keluarga. Usaha pengolahan jamur dapat dilaksanakan secara sederhana dan bisa dilakukan dalam skala industri rumah tangga. Demikian disampaikan Kepala Dinas Sosial dan tenaga kerja Kabupaten Majalengka pada kegiatan Pelatihan Pengolahan hasil Jamur Tiram yang diselenggarakan oleh Koperasi Wanita Alhidayah Jatitujuh Kabupaten Majalengka pada Tanggal 27 April sampai dengan 1 Mei 2016 di Aula Kecamatan Jatitujuh.
 
Ketua penyelenggara Pelatihan Ir. Asep Rosidi, Menyampaikan bahwa pelatihan tersebut diikuti oleh anggota kopwan yang berminat untuk membuka usaha pengeolahan Jamur sebanyak 20 orang yang berasal dari beberapa desa di Kecamatan jatitunjuh. Sebagain peserta telah memiliki usaha budidaya Jamur, namun mereka belum melakukan usaha pengolahan, mereka menjual dalam bentuk jamur segar, sehingga nilai tambah yang mereka terima sangat kecil dan kadang-kadang harga jamur segar di bawah biaya produksi. Selama mengikuti pelatihan mereka diberikan pengetahuan dan keterampilan mengenai kewirausahaan, manajemen usaha, teknik pengemasan, perizinan usaha, cara pengajuan sertifikasi halal dan teknik pengolahan Jamur Tiram. Setelah mengikuti pelatihan ini para peserta akan membuka usaha pengolahan jmur yaitu membuat krispi, Nughet, Baso dan Sate Jamur, untuk pemasarannya akan dikoordinir dan di bantu oleh Koperasi Wanita Alhidayah.
 
Ketua Asosiasi Pemandu Wirausaha Indonesia, Kartib Bayu, sebagai salah satu narasumber menyampaikan bahwa Perempuan sangat potensial untuk bisa berwirausaha pengolahan jamur tiram dengan memanfaatkan waktu-waktu luang setelah kegiatan urusan keluarga. Perempuan memiliki karakter yang kuat untuk sukses sebagai wirausaha yaitu pekerja keras, ulet, rajin, teliti dan Cerdas. Sekarang kewirausahaan itu merupakan ilmu, bisa dipelajari dan diajarkan, sehingga perempuan pun memiliki peluang yang besar menjadi wirausaha yang sukses. Oleh karena itu kegiatan pelatihan ini harus dijadikan ajang untuk belajar berwirausaha. Pengetahuan dan keterampilan yang sudah diperoleh dalam pelatihan tersebut akan sia-sia dan tidak akan memberikan nilai jika para peserta setelah mengikuti pelatihan tidak melakukan tindakan untuk berwirausaha. Mulailah dari usaha kecil-kecilan, mulai dari diri sendiri dan mulailah dari sekarang jangan tunda-tunda waktu.
 
Selamat dan sukses kepada Koperasi Wanita Alhidayah, semoga perjuangan Kopwan alhidayah untuk mengangkatkan perekonomian keluarga dan membantu pemerintah dalam upaya mengurangi kemiskinan dan pengangguran dapat terwujud. Amiin.
 

Komentar

Belum ada komentar

Postkan komentar