foto-bimtek-upgrade-lpk.jpg

PERAN STRATEGIS LEMBAGA PELATIHAN KERJA

Pengangguran merupakan salah satu permasalahan serius bangsa yang terus-menerus menjadi perhatian pemerintah. Upaya penanggulangan pengangguran menjadi penting, karena bila tidak tertangani dengan baik, dampak dari masalah pengangguran dikhawatirkan dapat memicu persoalan kerawanan sosial, seperti kemiskinan dan kriminalitas. Upaya untuk penanggulangan pengangguran yang dilakukan belum menampakkan hasil signifikan karena jumlah angkatan kerja cenderung meningkat setiap tahun, kurang seimbangnya antara iklim investasi dan ketersediaan lapangan kerja serta Kompetensi/keterampilan yang di miliki oleh tenaga kerja Indonesia banyak yang tidak sesuai dengan kompetensi yang di butuhkan di dunia kerja.
 
Peran Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) baik milik pemerintah maupun milik swasta sangat strategis untuk menghasilkan Sumberdaya manusia yang memiliki kompetensi tertentu yang dapat memenuhui kebutuhan pasar kerja. Oleh karena itu keberadaan Lembaga Pelatihan Kerja harus berkualitas, dan professional sehingga  masyarakat akan melirik Lembaga Pelatihan Kerja untuk memenuhi kebutuhan mereka meningkatkan keterampilan/kompetnsi agar  mereka mampu bersaing dalam pasar kerja. Dengan demikian, LPK ke depan akan memiliki peran yang lebih besar dan strategis dalam menyiapkan angkatan kerja yang berkualitas dan kompeten.
 
Berdasarkan hal tersebut mengingat pentingnya keberadaan dan peran strategis  LPK untuk saat ini dan masa depan, maka Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Bandung menyenggarakan  Bimbingan Teknis Upgrading terhadap Pengelolaan Lembaga pelatihan kerja (LPK) di Kabupaten Bandung dengan peserta sebanyak 56 Orang,  yang bertujuan  agar LPK yang ada di Kabupaten Bandung dapat menguatkan lembaganya sekaligus memberikan pelatihan yang berkualitas sehingga menghasilkan sumber daya manusia yang dapat bersaing.   Beberapa aspek yang harus diperhatikan agar LPK kreidbel dalam menyelenggarakan pelatihan  adalah kompetensi kerja, kurikulum, materi pelatihan, manajemen atau tata kelola LPK, instruktur dan tenaga pelatihan, sarana dan prasarana, administrasi keuangan, dan asesmen.
 
Kegiatan Bimbingan Teknis tersebut dilaksanakann pada Tanggal 23 sampai dengan 25 Januari 2019 yang betempat di Sabda Alam Hotel Resort Cipanas Garut. Materi yang disampaikan meliputi materi  Merancang Program pelatihan, Program Kegiatan kerjasama Pendidikan dan pelatihan,  teknis melakukan analisis dan kajian, Penyusunan Rencana Bisnis, Bekerja efektif di Lembaga peltihan dan Materi Pemasaran Jasa pelatihan.  Narasumber berasal dari DPD AISI Provinsi Jawa Barat, Dinas ketanagakerjaan Kabupaten Bandung,  KA. LPK Kabupaten Bandung dan dari Asosiasi Pemandu Wirausaha Indonesia (APWI).
 
Maju dan Sukses Selalu Buat LPK Kabupaten Bandung
 

Komentar

Belum ada komentar

Postkan komentar