whatsapp-image-2019-02-21-at-19.28_.55_.jpeg

COOKING CLASS WIRAUSAHA BARU

Situasi ketenagakerjaan di Indonesia masih ditandai dengan tingginya tingkat pengangguran terbuka, kemiskinan dan masih lambatnya daya serap tenaga kerja di lapangan kerja formal. Lapangan kerja yang cukup tersedia dan terbuka adalah di sektor informal. Salah satu alternatif penyediaan lapangan pekerjaan sector informal   adalah dengan membuka lapangan usaha secara mandiri (Wirausaha).

Menjadi wirausaha berarti harus memiliki kemampuan menemukan dan mengevaluasi peluang-peluang yang ada, mengumpulkan dan mendayagunakan sumber-sumber daya yang diperlukan untuk memperoleh laba atau hasil dari peluang tersebut. Wirausaha sekaligus merupakan pemimpin dan mereka harus menunjukan sifat kepemimpinan dalam melaksanakan sebagian besar kegiatan perusahaan mereka. Mereka harus mau dan mampu mengambil risiko yang telah diperhitungkan dengan matang dan menyukai tantangan dengan risiko yang masuk akal. Wirausaha harus percaya diri dan mampu mengambil keputusan yang cepat dan tepat. Bahkan kemampuan mengambil keputusan  inilah yang menjadi khas para wirausaha. Untuk dapat berhasil dalam jangka panjang, wirausaha harus mampu meluangkan waktunya untuk belajar.

Dalam rangka mendukung dan mendorong tumbuh dan berkembangnya wirausaha baru bagi masyarakat potensial secara berkelanjutan , maka Dinas Pendidikan Kota Tasikmaya Bekerjasama dengan LKP Gemilang dan Asosiasi Pemandu Wirausaha Indonesia Kota Tasikmalaya menyelenggaranan Pelatihan (Cooking Class) Wirausaha Baru bidang usaha Aneka Pengolahan makanan berbahan Dasar Daging dan Tulang Ayam.

Kegiatan pelatihan tersebut di dilaksanakan selama 3 hari  Tanggal 21 – 23 Februari 2019 yang bertempat  di LKP Gemilang  Jln. Ahmad Yani Pancasari 1 No. 12 A Kota Tasikmalaya yang diiktui oleh 33 orang peserta dari 10 kecamatan di Kota Tasikmalaya. Instrukturnya  yang menyampaiakan materi adalah  Masterchep  Denawan C,  Chep M. Reyhan Hasbi, Hj. Nunung Ruhyani S.Pd dan Dewi Saptianingsih. Materi yang disampaikan meliputi  pengenalan daging Unggas, Pengelahan Teknologi Pengolahan dagaing Unggas,  Pengenalan Bagian-bagian ayam.  Teknik Penimpanan daging ayam yang Efektif , Hhegyenis dan siap pakai,  Praktek Produksi kreasi Kuliner  bahan dasar Daging dan Tulang Ayam. Setelah dilakukan pelatihan dilakukan juga penilaian Gelar Kreasi produk hasil aneka olahan berbahan dasar  daging dan Tulang ayam.

Hj. Nunung Ruhyani S.Pd, Pemilik sekaligus Pengeolala LKP Gemilang  menyatakan bahwa melalui kegiatan tersebut diharapkan peserta memiliki wawasan, pengetahuan, dan motivasi untuk berwirausaha,  Memiliki pengetahuan dan keterampilan Teknis pengolahan makanan yang berbahan dasar daging dan tulang ayam serta di harapkan peserta dapat merintis usaha secara mandiri baik secara perorangan maupun usaha secara berkelompok. Selanjutnya  Hj. Nunung Ruhyani S.Pd, menjelaskan bahwa setelah pelatihan ini LKP Gemilang akan terus memantau, mendampingi dan memberikan konsultansi kepada para peserta  dilapangan baik dari segi manajemen maupun dari segi teknis produksi untuk memudahan mereka dalam memulai dan mengembangkan usahanya. (apwi arm)

Bravo buat LKP Gemilang dan APWi Kota Tasikmalaya… Semoga tumbuh dan berkembang Wirausaha Baru di Kota Tasikmaya yang handal dan berdaya saing…. Aamiin.

Komentar

Belum ada komentar

Postkan komentar