resto.jpg

PEMBANGUNAN GALLLERY DAN RESTO KONTAINER PRODUK OLAHAN IKAN LAUT

Palabuhanratu merupakan tempat wisata di pesisir Samudra Hindia di selatan Jawa Barat. Lokasinya terletak sekitar 60 km ke arah selatan dari Kota Sukabumi. Wisatawan yang berkunjung ke Pantai Palabuhanratu baik dari dalam Negeri maupun Wisatawan Mancanegara semakin meningkat. Berdasarkan potensi dan pengunjung Wisata tersebut. Pada Tahun 2017 di Wilayah Palabuhanratu telah dilakukan Pemberdayaan Perempuan Nelayan Melalui Usaha Produk Varian Makanan Olahan Ikan Laut di Kelurahan Palabuhanratu dan Desa Jayanti Kecamatan Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi Provinsi Jawa Barat selama 6 bulan terhadap 20 orang Perempuan Nelayan dengan tahapan kegiatan Pelatihan Dasar, Magang Usaha, Pendampingan, Bantuan Sarana Produksi, Bahan Baku, Pelatihan Lanjutan, Perizinan Usaha dan Pengemasan Produk. Kegiatan tersebut di laksanakan  melaui Sinergitas Program antara PT. Indonesia Power PLTU Palabuhanratu, Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi, Bank BRI Cabang Cibadak Sukabumi, PT. Sarana Rezeki Prima dan Asosiasi Pemandu Wirausaha Indonesia (APWI). Untuk membantu promosi dan pemasaran produk yang telah dihasilkan Perempuan Nelayan di perlukan sarana promosi dan pemasaran yang efektif dan inovatif yang dikaitkan dengan Palabuhanratu sebagai Destinasi Wisata. Untuk menarik Wisatawan datang ke Kampung Produk Olahan Ikan Laut  tersebut kondisi masih terkesan kumuh, belum tertata, dan fasilitas untuk Destinasi Wisata belum lengkap.  maka diperlukan suatu Kawasan yang menarik, terigrasi dan terpadu yaitu dengan membangun sebuah Kawasan Kampung Wisata dan atau Gallery Produk Aneka Olahan Ikan Laut. Untuk mempromosikan dan memasarkan Produk hasil Olahan Ikan laut  dapat di dilakukan  dengan 2 dua cara yaitu :
 
  1. Menarik Konsumen (Wisatawan) ke lokasi Produksi dengan membangun Kawasan produksi sebagai Kampung Wisata produk yang menarik, atraktif dan ramah lingkungan dengan memadukan untuk Pendidikan, Rekreasi dan Wisata Kuliner.
  2. Menempatkan Hasil Produksi Olahan Ikan Laut di tempat Wisata yang banyak dikunjungi yaitu dengan dibangunnya Gallery dan Resto Produk Olahan Ikan Laut.
 
Untuk menindaklanjuti kegiatan tersebut pada Tahun 2018 telah di buatkan Model Desain Kawasan Kampung Wisata Produk Olahan Ikan Laut,  Desain Gallery  dan Resto Kontainer serta studi kelayakan lokasi dan pembuatan perijinan lokasi. Direncanakan pertengahan tahun 2019 untuk tahap awal akan di realisasikan pembangunan Gallery dan Resto dari Kontainer yang dilakukan melalaui Sinergitas Program antara Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi yang berperan untuk penyiapkan lahan dan perinzinan, PT. Indonesia Power (CSR) untuk membiayai pembangunannya, Tim Pengabdian Pada Masyarakat Institut Teknologi Bandung (PPM ITB) dan Asosiasi Pemandu Wirausaha Indonesia APWI  yang membuat Desain, Pelatihan, dan Pendampingan.

Mohon do’a dan dukungan semoga dalam Pelaksaan Pembangunan dan Operasional Gallery dan Resto Produk Olahan Ikan Laut Palabuhanratu lancar dan Sukses… Aamiin.

Komentar

Belum ada komentar

Postkan komentar