Arsip

Januari 2015

PADANG TUAN RUMAH TOT PEMANDU WIRAUSAHA

Dipostkan January 30, 2015
Kategori Berita
SUMATERA BARAT menjadi Tuan Rumah pertama kali dilaksanaan  Kegiatan TOT ( Training of Trainer )  Pemandu Wirausaha  Indonesia untuk angkatan ke II Tahun 2014  di Hotel Rocky padang selama 10  ( sepuluh ) hari yang dimulai pada tanggal 28 Agustus s/d 7 September 2014

Selengkapnya »

Launching 100 Ribu Wirausaha Baru Provinsi Jawa Barat Tahun 2014

Dipostkan January 10, 2015
Kategori Berita
Gubernur Jawa Barat meresmikan/launching 100.000 wirausaha baru, di Sasana Budaya Ganesa (SABUGA) ITB Hari kamis 13 Maret 2014.

Selengkapnya »

Pencatakan Wirausaha Tak Optimal

Dipostkan January 9, 2015
Kategori Berita
Bandung, PR (19/05/2014)   Pencetakan wirausaha baru tidak akan optimal jika tetap melakukan pendekatan program. Pasalnya , keberlanjutan suatu program kerap menjadi persoalan. Sementara itu, untuk mencetak wirausaha dibutuhkan waktu dan proses yang tidak singkat.  Hal tersebut dikatakan Ketua Umum Asosiasi Pemandu Wirausaha Indonesia Kartib Bayu yang ditemui di sela-sela kegiatan Training Of Trainer Pemandu Wirausaha 2014 “Menciptakan Wirausaha Membangun fondasi Kekuatan Ekonomi Indonesia “. di Hotel Garden Permata, Bandung, sabtu (17/05/2014)

Selengkapnya »

MOU PENUMBUHAN WIRAUSAHA BARU

Dipostkan January 2, 2015
Kategori Agenda
Prof. Yuyus Suryana Sudarma, SE.,MS selaku Ketua Dewan Penasehat Asosiasi Pemandu Wirausaha Indonesia (APWI) dan Bupati Sukabumi menandatangani Naskah Kesepahaman Bersama antara PEMERINTAH KABUPATEN SUKABUMI Dengan ASOSIASI PEMANDU WIRAUSAHA INDONESIA Tentang PENUMBUHAN DAN PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN. Pada Tanggal 28 Februari 2014.

Selengkapnya »

Study Banding UKM dan Pemandu Wirausaha

Dipostkan January 2, 2015
Kategori Profil Wirausaha
Untuk Meningkatkan jalinan kerjasama usaha dan meningkatan nilai tambah produk, perlu didukung dengan pengetahuan, keterampilan dan teknologi yang cukup memadai. Untuk keperluan tersebut UKM usaha Jamur Tiram dari Kabupaten Tanah Laut Provinsi Kalimantan Selatan yang didampingi oleh Pemandu Wirausaha ( Henny Fitrianie, S.Sos ) melakukan study banding ke perusahaan Jamur PT. City Mandiri di Cisarua Kabupaten Bandung Barat. Selain mempelajari mengenai teknik budidaya Jamur Tiram juga mempelajari mengenai pengolahan Jamu menjadi beberapa produk makanan. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 3 hari mulai Tanggal 10 – 12 April 2014. Selain Study Banding ke perusahaan Jamur juga study ke Perusahaan Strowbery di Ciwidey Kabupaten Bandung. Kegiatan tersebut di fasilitasi dan didampingi pengurus APWI Jawa Barat.

Selengkapnya »

Training Of Trainer Bagi Calon Pemandu Wirausaha

Dipostkan January 2, 2015
Kategori Agenda
Dalam upaya meningkatkan wawasan, pengetahuan dan keterampilan bagi para Pemandu Wirausaha, Direktorat Perluasan Kesempatan Kerja dan Pengembangan Tenaga Kerja Sektor Informal Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI bekerjasama dengan Yayasan Alhikam Nusantara Bandung akan menyelenggarakan kegiatan Training of Trainer (TOT) pemandu Wirausaha. Setelah mengikuti TOT tersebut para pemandu wirausaha diharapkan dapat berperan lebih besar dan menjadi ujung tombak dalam upaya penumbuhnan wirausaha baru dan pengembangan wirausaha yang telah ada. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan selama 10 hari mulai tanggal 16 sampai dengan Tanggal 25 Mei 2014 di Hotel Garden Permata Bandung. Peserta sebanyak 30 Orang dari Seluruh Indonesia. Foto di samping adalah foto kegiatan TOT PWU pada tahun 2013.

Selengkapnya »

Pembukaan Kegiatan TOT Pemandu Wirausaha

Dipostkan January 2, 2015
Kategori Agenda
Kegiatan Trainning Of Trainer (TOT) Pemandu Wirausaha Indonesia dilaksanakan selama 10 hari mulai Tanggal 16 – 26 Mei 2014 di Hotel Garden Permata Bandung. Pembukaan dilaksanakan Tanggal 17 Mei 2014. Pada acara pembukaan TOT tersebut dilaksanakan juga Launching dan pengukuhan  Dewan Pengurus Daerah Asosiasi Pemandu Wirausaha Indonesia (APWI) Daerah Provinsi Jawa Barat. Memberikan sambutan pada acara tersebut adalah Kepala Dinas Tenaga kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Barat yang diwakili oleh kepala Bidang Penempatan dan pembinaan Tenaga kerja, Drs Jhoni Darma, MM. Ketua Dewan Penasehat APWI Pusat Prof. Dr. Yuyus Suryana, SE.,MS. dan Direktur PT. Telkom Tbk yang diwakili oleh Manajer Distribusi dan Pembinaan, Suparjiman, yang membuka Acara sekaligus memberikan Arahan adalah Direktur Perluasan kesempatan Kerja dan Pengembangan Tenaga Kerja Sektor Informal Kementerian tenaga Kerja Dan Transmigrasi yang diwakili oleh KepaLa Subdit Tenaga kerja Mandiri dan Sektor Informal Mohammad Rasyid, SH.,M.Hum. Panitia Penyelenggara TOT Pemandu Wirausaha Sofyan, SE.,MAP melaporkan kegaiatan tersebut terlaksana atas kerjasama antara Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI dengan Yayasan Alhikam Nusantara Bandung. Peserta sebanyak 30 orang yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia yaitu dari provinsi Sumatera Utara, Jambi, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Gorontalo, Jawa Barat, Yogyakarta, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Nusa Tenggara Timur dan dari Nusa Tenggara Barat.

Selengkapnya »

Melejitkan Bisnis dengan Kreativitas

Dipostkan January 2, 2015
Kategori Bisnis
Kreativitas bukan semata-mata diperlukan pada bidang-bidang bisnis yang termasuk dalam rumpun ekenomi kreatif saja. Misalnya fashion, kerajinan, dan bidang kreatif lainnya. Namun, semua bidang bisnis pun memerlukan kreativitas agar bisnisnya bisa meningkat dan mampu bertahan bahkan memenangkan persaingan bisnis yang ada. Kreativitas menuntun sebuah bisnis menjadi lebih hidup dengan misalnya membuat produk lebih murah, pelayanan lebih baik, produk yang semakin unik, perusahaan bisa lebih dikenal oleh calon pelanggan dan masih banyak lagi lainnya.

Selengkapnya »

Menyerah? No Way !

Dipostkan January 2, 2015
Kategori Bisnis
Dunia bisnis bukanlah dunia yang tak selamanya bertabur dengan kemudahan dan kesuksesan yang diraih. Tak jarang berbagai cobaan menerpa. Bentuknya bisa bermacam-macam. Pengusaha dikibulin oleh karyawannya adalah salah satunya. Ada seorang teman pengusaha yang bergerak di bidang penerbitan memiliki karyawan yang cukup lama bekerja pada bisnisnya. Karyawan tersebut sudah bekerja selama 6 tahun. Belum pernah ada kasus yang dilakukan oleh karyawan tersebut selama bekerja. Kepercayaan dari pengusaha tersebut sangat besar diberikan kepada karyawan tersebut. Karyawan tersebut diberi tugas untuk melaksanakan fungsi marketing diantaranya membangun hubungan dengan pelanggan dan calon pelanggan, menerima order dari pelanggan, menerima pembayaran dari pelanggan, melakukan penagihan dan mengantarkan hasil produksi perusahaan kepada pelanggan sesuai dengan pesanan. Pekerjaan ini sudah dilaksanakannya begitu lama.

Selengkapnya »

Pelatihan Pemasaran Online Melalui Aplikasi E-Commerce

Dipostkan January 2, 2015
Kategori Teknologi
E-Commerce tidak hanya memberikan manfaat dalam segi penjualan saja, namun dapat juga memberikan penghematan biaya administrasi, sumber daya manusia dan perolehan pemetaan pemasaran. Lapak-apwi.com merupakan sebuah Situs Web berbasis e-commerce yang dibuat sebagai wadah bagi para pengusaha muda di bawah binaan Asosiasi pemandu Wirausaha Indonesia (APWI), untuk memasarkan produk dan jasanya.  Para pemandu/pendamping UKM perlu menguasai pengetahuan dan keterampilan mengenai pemasaran online melalui aplikasi E-Commerce. Oleh karena itu Asosiasi Pemandu Wirausaha Indonesia (APWI) bekerjasama dengan Dinas Perindustrian, perdagangan dan Koperasi dan Dinas tenaga Kerja Kabupaten Sukabumi akan mengadakan pelatihan mengenai Aplikasi E-Commerce dalam mendukung Promosi dan Pemasaran Produk UMK. Kegiatan tersebut sebagai salah satu  Implementasi MOU antar APWI dengan Pemda Kabupaten Sukabumi.  Peserta Pelatihan adalah konsultan PLUT, pengelola PLUT, Tenaga Kerja sarjana (TKS) dan pemandu wirausaha dari pemerintah Kabupaten Sukabumi. Waktu pelatihan hari Jum’at tanggal 13 Juni 2014 bertempat di Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Kabupaten Sukabumi.

Selengkapnya »