Arsip

Pebruari 2019

HANJELI, PANGAN LOKAL BERTARAF INTERNASIONAL

Dipostkan February 25, 2019
Kategori Artikel
Hanjeli, nama yang saat ini kurang populer terutama di kalangan generasi milenial.  Padahal Hanjeli telah dikenal dan dibudidayakan sejak ribuan tahun yang lalu di asia timur dan asia tenggara (seperti China, Burma, India, Jepang, Korea, Thailand dan Malaysia) (Corke et al., 2016; Wester, 1922; Yang & Jiang, 2010; dikutip Zhu, 2017). Temuan arkeologis dari kawasan Tiongkok menunjukkan bahwa Hanjeli digunakan sebagai bahan pembuat minuman beralkohol sejak 5000 tahun yang lalu dan sebagai bahan makanan  di kawasan Kuahuqiao, Provinsi Zhejiang,  8000 tahun yang lalu(Wang, Liu et al., 2016, Wang, Chen et al., 2016; Yang & Jiang, 2010; dikutip Zhu, 2017). Selain itu juga digunakan sebagai bahan baku obat-obat dalam pengobatan Tiongkok (Dharmananda, 2007)

Selengkapnya »

COOKING CLASS WIRAUSAHA BARU

Dipostkan February 23, 2019
Kategori Berita
Situasi ketenagakerjaan di Indonesia masih ditandai dengan tingginya tingkat pengangguran terbuka, kemiskinan dan masih lambatnya daya serap tenaga kerja di lapangan kerja formal. Lapangan kerja yang cukup tersedia dan terbuka adalah di sektor informal. Salah satu alternatif penyediaan lapangan pekerjaan sector informal   adalah dengan membuka lapangan usaha secara mandiri (Wirausaha).

Selengkapnya »

SLAMET WURYADI, PENGGERAK PETANI MILENIAL MELALUI PUSAT PELATIHAN PETANI

Dipostkan February 23, 2019
Kategori Berita
LEAD.co.id | Slamet Wuryadi, Ketua Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) Cilangkap Sub 1 Cikembar Sukabumi berhasil melakukan pembinaan petani dan santri milenial. Sejauh ini jumlah petani yang magang dan berlatih di P4S mencapai ribuan orang, dengan konsep bina ruhiyah dan bina rupiah petani milenial.

Selengkapnya »

KISAH PERJUANGAN: AWAL BUKALAPAK

Dipostkan February 19, 2019
Kategori Profil Wirausaha
Sukses yang diraih pendiri sekaligus ceo bukalapak, achmad zaky, tidak datang serta-merta. Setidaknya ada tiga hal yang telah mengubah hidupnya. Semua itu dipaparkan zaky dalam kuliah umum di hadapan ribuan mahasiswa dari Institut Teknologi Bandung (ITB) beberapa waktu lalu.

Selengkapnya »

TINGKATKAN KAPASITAS BISNIS UMKM WANITA DI BIDANG FASHION MUSLIM

Dipostkan February 19, 2019
Kategori Berita
Bandung, Beritainspiratif.com – Dewan Pimpinan Wilayah Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia (DPW IAEI) Prov. Jawa Barat, mengadakan Focus Group Discussion (FGD) dengan Tema: “Pemberdayaan Wanita Pengusaha Fashion Muslim Skala Usaha Kecil Di Jawa Barat Dalam Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Alat Promosi” yang bertempat di Hotel Anggrek Kota Bandung, Rabu, (23/1/2019).

Selengkapnya »

DPRD JABAR SAHKAN PERDA KEWIRAUSAHAAN DAERAH

Dipostkan February 18, 2019
Kategori Berita
Perda Kewirausahaan bertujuan untuk menciptakan sebuah ekosistem kewirausahaan yang efisien sehingga mendorong daya saing produk daerah dan provinsi.

Selengkapnya »

BUSINESS MODEL, PERLUKAH ?

Dipostkan February 18, 2019
Kategori Artikel
Mari kita liat apa itu model bisnis berdasarkan  beberapa pendapat. Model bisnis adalah  suatu alur cerita dari manajemen yang menjelaskan bagaimana strategi yang dimiliki perusahaan akan menghasilkan uang dengan mengidentifikasi landasan bagi mengapa strategi akan menghasilkan pendapatan untuk menanggung biaya dan menghasilkan keuntungan (Thompson, Strickland III dan Gamble, 2010).

Selengkapnya »

PEMBERDAYAAN KEWIRAUSAHAAN DI BIDANG INDUSTRI KREATIF PARIWISATA

Tiga peran UMKM dalam perekonomian masyarakat kecil:
  1. Sarana pengentasan kemiskinan masyarakat. Lebih dari 55,2 juta unit UMKM mampu menyerap sekitar 101,7 juta orang (tahun 2016). Angka tersebut meningkat menjadi sekitar 57,8 juta unit UMKM dengan jumlah tenaga kerja mencapai 114 juta orang (tahun 2017).
  2. Sarana pemerataan ekonomian rakyat kecil. Keberadaan UMKM di 34 provinsi yang ada di Indonesia memperkecil jurang ekonomi antara yang miskin dengan kaya. Selain itu, masyarakat kecil mencegah urbanisasi untuk memperoleh penghidupan yang layak.
  3. Pemasukan devisa negara. Kementerian Koperasi dan UKM (2017) menunjukkan tingginya devisa negara dari para pelaku UMKM mencapai Rp 88,45 miliar. Angka ini mengalami peningkatan hingga delapan kali lipat dibandingkan tahun 2016.

Selengkapnya »

TEKNOLOGI PENGOLAHAN IKAN LAUT

Dipostkan February 12, 2019
Kategori Teknologi
Ikan yang melimpah ini akan cepat mengalami pembusukan ketika sudah di angkat ke daratan, sehingga butuh alternative lain agar ikan bisa bertahan lama dan dilakukan proses pengawetan. Tanpa adanya usaha pengawetan tentu peningkatan produksi perikanan akan sia-sia.

Selengkapnya »

PERAN TKS PERLU DI OPTIMALKAN

Dipostkan February 10, 2019
Kategori Berita
Pendayagunaan TKS sebagai pendamping Perluasan Kesempatan Kerja  berperan sebagai fasilitator, motivator, mediator, dan inovator.  Pendayagunaan TKS merupakan upaya untuk menyertakan masyarakat dalam mengembangkan berbagai potensi, sehingga mampu mencapai kualitas kehidupan yang lebih baik.

Selengkapnya »