dr-plan-768x514-1.jpg

RECOVERY BISNIS MODEL CANVAS UNTUK UMKM PADA SAAT PANDEMI COVID-19

Dalam Outlook Ekonomi OECD terakhir (OECD, 2020), pertumbuhan PDB global tahunan diproyeksikan turun menjadi 2,4% pada 2020, dari yang sudah lemah 2,9% pada 2019, dengan kemungkinan kontraksi PDB pada kuartal pertama 2020 (Matteo Lucchese,2020).Lebih lanjut diperkirakan bahwa ini akan sama dengan penurunan pertumbuhan PDB tahunan hingga 2 poin persentase untuk setiap bulan bahwa langkah-langkah itu ada jika tidak ada langkah-langkah dukungan kebijakan. (Heli Simola,2020).Penurunan pertumbuhan PDB tersebut salah satu akibat menurunnya kinerja usaha UMKM karena munculnya pandemi COVID-19.
14802-transformasi-digital.jpg

TRANSFORMASI BISNIS UMK DARI KONVENSIONAL KE DIGITAL PASCA PANDEMI COVID-19 DAN ERA INDUSTRI 4.0

Keberadaan usaha mikro kecil mempunyai kontribusi terbesar dalam perekonomian nasional, karena partisipasi masyarakat dalam berbagai sektor kegiatan ekonomi.  Usaha Mikro kecil selama ini terbukti dapat diandalkan sebagai katup pengaman di masa krisis. Melalui mekanisme penciptaan kesempatan kerja, kontribusi pendapatan, menyerap tenaga kerja/pengangguran sehingga menjadikan nilai tambah.  Keberhasilan dalam meningkatkan kemampuan usaha mikro kecil berarti memperkokoh basis perekonomian masyarakat.  Hal ini akan membantu mempercepat proses pemulihan ekonomi nasional, dan sekaligus memberi dukungan nyata kepada pemerintah dalam melaksanakan pembangunan ekonomi. Hal tersebut menjadikan pemberdayaan usaha kecil menempati posisi yang vital dan strategis.
word-cloud-trustworthy-dalam-bisnis-330x251.jpg

PEMBERDAYAAN MUSLIMAHPRENEUR DI ERA DIGITAL BISNIS

Perubahan dunia fashion (fesyen) saat ini sangat cepat, tak terkecuali busana muslim, khususnya muslimah. Dahulu jika kita perhatikan model dari busana muslim tak banyak pilihan namun saat ini busana muslim terutama muslimah semakin berkembang dan bahkan menjadi tren. Jika dilihat saat ini perkembangan dunia fesyen mengalami peningkatan yang signifikan di beberapa dekade terakhir. Bahkan Indonesia dicanangkan menjadi kiblat fesyen muslim dunia di tahun 2020. Hal ini diwacanakan oleh Indonesia Islamic Fashion Consortium (IIFC). Ini sangat dimungkinkan mengingat industri busana muslim di Indonesia telah mengalami pertumbuhan sejak 1990-an.
paradigma-bisnis.png

PERUBAHAN PARADIGMA BISNIS UMK DAN PERILAKU KONSUMEN PADA ERA NEW NORMAL

Situasi saat ini di mana wabah pandemi Covid-19  yang merebak di Indonesia semenjak awal bulan Maret 2020 belum bisa ditentukan kapan berakhirnya. Keadaan seperti itu pada akhirnya masyarakat Indonesia harus bisa berdaptasi dengan keadaan yang baru. Di mana ada beberapa hal baru yang harus ditegakkan di tengah rutinitas yang selama ini dikerjakan. Beberapa bentuk perubahan atau transformasi baru inilah yang kemudian melahirkan istilah “New Normal”, yakni perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal namun dengan ditambah menerapkan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penularan virus corona jenis baru, penyebab COVID-19. Kondisi tersebut  secara mendalam akan membentuk stay @ home lifestyle yang bakal menjadi kenormalan baru atau new normal pada konsumen setelah krisis berlalu. Artinya, gaya hidup baru inilah yang akan menjadi landasan terbentuknya stay @ home economy. Hal inilah yang mendasari para pelaku usaha harus melakukan perubahan pola dan oriemtasi usaha dengan menyesuaikan dengan pola perilaku konsumen yang berubah pada new normal.
img-20190127-wa0006_640x426-640x400-1.jpg

TINGKATKAN KAPASITAS BISNIS UMKM WANITA DI BIDANG FASHION MUSLIM

Bandung, Beritainspiratif.com – Dewan Pimpinan Wilayah Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia (DPW IAEI) Prov. Jawa Barat, mengadakan Focus Group Discussion (FGD) dengan Tema: “Pemberdayaan Wanita Pengusaha Fashion Muslim Skala Usaha Kecil Di Jawa Barat Dalam Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Alat Promosi” yang bertempat di Hotel Anggrek Kota Bandung, Rabu, (23/1/2019).
sri-hartati.jpg

BUSINESS MODEL, PERLUKAH ?

Mari kita liat apa itu model bisnis berdasarkan  beberapa pendapat. Model bisnis adalah  suatu alur cerita dari manajemen yang menjelaskan bagaimana strategi yang dimiliki perusahaan akan menghasilkan uang dengan mengidentifikasi landasan bagi mengapa strategi akan menghasilkan pendapatan untuk menanggung biaya dan menghasilkan keuntungan (Thompson, Strickland III dan Gamble, 2010).
kang-nanang.jpg

JADIKAN HALAMAN RUMAH SEBAGAI DAPUR HIDUP DAN TEMPAT BISNIS

Awalnya Kang nanang mencoba menanam tanaman sayuran seperti cabe, bawang daun, tomat, saledri dan tanaman sayuran lainnya di dalam POT, setelah tumbuh dengan baik dan berbuah mencoba untuk dipasarkan, ternyata respon pasar cukup baik dan permintaan cukup banyak, karena konsumen membeli tidak hanya membeli  buahnya atau daunnya, tetapi sekaligus membeli dengan tanamannya di dalam pot, sehingga produk yang di beli dalam keadaan segar, dan terus dapat dipelihara di halaman rumah dan bisa di petik kapan saja diperlukan. “ Jadi konsumen beli satu kali tapi bisa panen (memetik) beberapa kali” Tutur Kang Nanang.