whatsapp-image-2019-02-12-at-11.43_.16_.jpeg

PEMBERDAYAAN KEWIRAUSAHAAN DI BIDANG INDUSTRI KREATIF PARIWISATA

Tiga peran UMKM dalam perekonomian masyarakat kecil:
  1. Sarana pengentasan kemiskinan masyarakat. Lebih dari 55,2 juta unit UMKM mampu menyerap sekitar 101,7 juta orang (tahun 2016). Angka tersebut meningkat menjadi sekitar 57,8 juta unit UMKM dengan jumlah tenaga kerja mencapai 114 juta orang (tahun 2017).
  2. Sarana pemerataan ekonomian rakyat kecil. Keberadaan UMKM di 34 provinsi yang ada di Indonesia memperkecil jurang ekonomi antara yang miskin dengan kaya. Selain itu, masyarakat kecil mencegah urbanisasi untuk memperoleh penghidupan yang layak.
  3. Pemasukan devisa negara. Kementerian Koperasi dan UKM (2017) menunjukkan tingginya devisa negara dari para pelaku UMKM mencapai Rp 88,45 miliar. Angka ini mengalami peningkatan hingga delapan kali lipat dibandingkan tahun 2016.
img-20170522-wa0009.jpg

PEREMPUAN NELAYAN PERLU DIBERDAYAKAN

Penghidupan sebagai nelayan yang fluktuatif semakin tak pasti seiring dengan musim tangkapan hasil laut yang sulit di tebak. Keluarga nelayan yang sepenuhnya bergantung terhadap laut pasti sangat merasakan dampak dari masalah di atas. Musim paceklik membuat perekonomian menurun dan terpaksa harus berutang untuk memenuhi kebutuhan.  
sqf.jpg

SINERGI PROGRAM PEMBERDAYAAN PURNA TKI

Sempitnya lapangan pekerjaan dan bertambahnya pencari kerja (penganggur) di dalam negeri mengakibatkan banyak orang berbondong-bondong mencari pekerjaan keluar negeri sebagai TKI dengan berbekal pengetahuan dan keterampilan yang relatif rendah. Mereka tidak jera dengan beberapa kasus yang melimpa Tenaga kerja asal Indonesia di luar negeri. Memang Pengiriman Tenaga kerja Indonesia keluar negeri merupakan sumber devisi bagi negara, disamping itu sebagai alternatif pengurangan angka pengangguran di dalam negeri.