dr-plan-768x514-1.jpg

RECOVERY BISNIS MODEL CANVAS UNTUK UMKM PADA SAAT PANDEMI COVID-19

Dalam Outlook Ekonomi OECD terakhir (OECD, 2020), pertumbuhan PDB global tahunan diproyeksikan turun menjadi 2,4% pada 2020, dari yang sudah lemah 2,9% pada 2019, dengan kemungkinan kontraksi PDB pada kuartal pertama 2020 (Matteo Lucchese,2020).Lebih lanjut diperkirakan bahwa ini akan sama dengan penurunan pertumbuhan PDB tahunan hingga 2 poin persentase untuk setiap bulan bahwa langkah-langkah itu ada jika tidak ada langkah-langkah dukungan kebijakan. (Heli Simola,2020).Penurunan pertumbuhan PDB tersebut salah satu akibat menurunnya kinerja usaha UMKM karena munculnya pandemi COVID-19.
word-cloud-trustworthy-dalam-bisnis-330x251.jpg

PEMBERDAYAAN MUSLIMAHPRENEUR DI ERA DIGITAL BISNIS

Perubahan dunia fashion (fesyen) saat ini sangat cepat, tak terkecuali busana muslim, khususnya muslimah. Dahulu jika kita perhatikan model dari busana muslim tak banyak pilihan namun saat ini busana muslim terutama muslimah semakin berkembang dan bahkan menjadi tren. Jika dilihat saat ini perkembangan dunia fesyen mengalami peningkatan yang signifikan di beberapa dekade terakhir. Bahkan Indonesia dicanangkan menjadi kiblat fesyen muslim dunia di tahun 2020. Hal ini diwacanakan oleh Indonesia Islamic Fashion Consortium (IIFC). Ini sangat dimungkinkan mengingat industri busana muslim di Indonesia telah mengalami pertumbuhan sejak 1990-an.
kembangkan-ekonomi-masyarakat-pedesaan.png

PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT DESA

Menurut kaidah ekonomi, pemberdayaan masyarakat (Community Development) adalah proses perolehan pelaku ekonomi untuk mendapatkan surplus valuesebagai hak manusia yang terlibat dalam kegiatan produksi. Upaya ini dilakukan melalui distribusi penguasaan faktor-faktor produksi atau melalui kebijakan politik ekonomi yang tepat dengan kondisi dan tingkatan sosial budaya.
it-perusahaan-lenovo-enterprise.jpg

DIGITALISASI BISA BAWA DESA LEBIH MAJU

New Normal tengah menjadi kajian yang hangat saat ini. Banyak pihak yang ingin segera kembali beraktifitas seperti biasa dan kembali memulihkan diri dari imbas pandemi covid-19, termasuk bagi pelaku usaha.
covid-19.jpeg

DIGITALISASI USAHA MIKRO DAN KECIL YANG TERKENA DAMPAK COVID-19 BERBASIS DI DESA/KELURAHAN

Wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) makin terasa dalam perekonomian dalam negeri, terutama dari sisi konsumsi, korporasi, sektor keuangan, dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) justru menjadi sektor paling rentan terkena hantaman pandemi virus corona. Sektor ini tak bisa lagi menjadi penyangga perekonomian seperti saat krisis ekonomi dan keuangan Tahun 1998 dan 2008. 
c4e1d9f2f53f0ac-copy.jpg

APWI AKAN KEMBANGKAN KLINIK WIRAUSAHA

Melalaui Klinik Wirausaha , APWI akan memfokuskan pada diagnosa ‘penyakit’ atau permasalahan utama yang dihadapi oleh UMKM, kemudian memberikan ‘perawatan’ dan ‘resep’ terbaik sebagai proses penyembuhan UMKM oleh para ‘dokter/ahli’ sebagai pelaku usaha terbaik sehingga UMKM kembali menjadi bugar dan sehat agar dapat bertahan dan meningkatkan usahanya. Secara sederhana, KLINIK UMKM adalah program yang memfokuskan pada sektor UMKM, ingin berbagi dan mengajak para pelaku UMKM yang memerlukan bimbingan dalam menjalankan usahanya sesuai dengan kaidah-kaidah managerial yang terarah dengan satu tujuan yaitu menciptakan efisiensi anggaran, tenaga dan waktu, yang pada akhirnya akan lebih mengembangkan usahanya dengan menggunakan pendekatan integratif yang intensif.
untitled-1.jpg

MOU PENUMBUHAN DAN PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN

Asosiasi pemandu Wirausaha Idonesia (APWI) merupakan suatu lembaga yang beranggotakan para pemandu dari perbagai profesi baik dari berokrat, para pengsusaha, maupun dari perguruan tingi dengan berbagai keahlian   berkonsentrasi untuk memberdayakan UKMK meliputi pengembangan UMKM, inovasi, kewirausahaan, dan kepemimpinan, terus berusaha untuk mengembangkan semangat kewirausahaan dalam masyarakat. Dari segi sumber daya, APWI, memiliki sumber daya potensial tinggi dimulai dari  dosen dari Perguruan Tinggi, praktisi, institusi hingga network (jaringan) yang dimiliki. 
1.jpg

KLINIK WIRAUSAHA APWI RAMAIKAN EKSPO PERLUASAN KESEMPATAN KERJA

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memainkan peran penting sebagai salah satu penopang pertumbuhan ekonomi nasional. UMKM merupakan agen penting pembangunan melalui kontribusinya dalam penciptaan lapangan kerja, penanggulangan kemiskinan, peningkatan distribusi pendapatan, pertumbuhan eksporserta pengembangan kewirausahaan dan ekonomi pedesaan